Pulau Bali, Wisata Pulau Dewata

Pulau Bali, Wisata Pulau Dewata

Posted on

Pulau Bali adalah salah satu pulau yang ada di Indonesia. Bali merupakan salah satu propinsi di Indonesia. Jadi salah jika ada orang yang beranggapan Bali dan Indonesia berbeda. Bali masuk dalam wilayah negara kesatuan republik Indonesia dan kedudukannya sebagai salah satu propinsi di Indonesia. Bali memiliki ibukota propinsi yang bernama Denpasar. Bali sering disebut juga pulau Dewata.

Disebut pulau dewata karena di propinsi Bali banyak terdapat pura. Sebagian besar penduduk Pulau bali menganut agama Hindu. Dan pura adalah tempat ibadah bagi orang Hindu. Sebagai pulau Dewata, Bali memiliki keindahan alam yang menarik. Ada pegunungan , danau, pantai dan budaya yang menarik.

Objek Wisata Pulau Bali

Wisata menjadi salah satu andalan pendapatan di pulau Bali, baik bagi masyarakat maupun pemerintah di sana. Keramah tamahan masyarakat Bali menjadi cermin keramah-tamahan masyarakat Indonesia. Budaya di Bali juga terkenal adi luhung. Budaya dan adat di Bali menjadi salah satu tujuan wisata di Bali.

Bagi para pelancong Pulau Bali menjadi salah satu tujuan wisata menarik. Dari segi budaya ada bermacam tarian yang bisa di lihat. Dari segi alam ada pantai pegunungan dan danau yang sudah terkenal di dunia. Berikut beberapa tujuan wisata di Pulau Bali

  • Budaya

Di pulau Bali ada tarian yang terkenal diantaranya adalah tari Kecak, tari pendet dan tari barong.

1. Tari Kecak

Tari Kecak sudah terkenal hingga mancanegara. Tari Kecak diciptakan oleh Wayan Limbak dan Walter Spies pada tahun 1930. Tarian ini menceritakan cerita Ramayana. Penarinya semuanya laki-laki. Jumlah penarinya puluhan orang. Keunikan tarian ini adalah sejumlah penari posisinya melingkar dengan tangan terangkat dan para penari mengeluarkan suara “cak.. cak… cak..”

2. Tari pendet

Sejarahnya tari pendet adalah tarian pemujaan untuk para dewa. Biasanya ditarikan di pura-pura. Namun dengan berjalannya waktu para seniman tari di Bali mengubah tarian yang tadinya untuk tujuan pemujaan para dewa menjadi tarian selamat datang. Tokoh dibalik tari pendet kontemporer adalah I Wayan Rindi. Beliau juga pernah menjadi koreografer untuk tari Pendet masal  saat pembukaan Asian Games di Jakarta. Beliaulah yang menciptakan tari pendet versi modern pada tahun 1950 –an.

3. Tari Barong

Kata barong berasal dari kata “Bahruang” yang memiliki arti beruang. Walaupun memiliki arti beruang namun wujud yang digambarkan bisa bermacam-macam tergantung dari jenis Barongnya. Ada Barong Macan, Barong Bangkal, Barong Langdung dan lain-lainnya. Yang paling terkenal adalah jenis Barong Keket. Barong Keket menggambarkan perpaduan antara macan, singa dan sapi.

Tari Barong  biasanya di tarikan oleh 2 orang laki-laki. Satu orang berada di depan (bagian kepala) dan lainnya di bagian belakang (bagian ekor). Bagian kepala bisanya terbuat dari kayu dengan hiasan bulu dari ijuk. Sementara bagian badan terbuat dari kulit dengan hiasan ukiran khas Bali dan dilengkapi ornamen potongan kaca cermin sehingga tampak berkilau. Dalam pertunjukan tari Barong diiringi dengan gamelan Gong Gebyar, gamelan Batel dan gamelan Babarongan.

3 tarian di atas hanya sebagai contoh saja, masih banyak tarian asal pulau Bali lainnya seperti tari Legong, tari Trunajaya, tari Baris, tari Panji Semirang dan lain-lain.

4. Perang Pandan

Selain tari-tarian masih ada budaya lainnya di Bali. Salah satunya yang cukup mebuat ngeri adalah Perang Pandan. Pandan sendiri adalah sebuah tanaman yang memiliki banyak duri di sepanjang daunnya.

Sejarah perang Pandan

Perang Pandan bersal dari desa Tenganan, Kecamatan Karangasem, Bali. Perang Pandan dilaksanakan pada bulan ke lima dalam kalender Desa Tanganan atau pada bulan Juni pada kalender nasional. Pelaksanaanya sendiri dilakukan tiap tahun. Perang Pandan di sebut juga dengan istilah Makere-Kera. Perang Pandan dilakukan untuk menghormati  Dewa Indra (Dewa Perang).

Pelaksanaan perang Pandan

Peserta Perang Pandan adalah para pemuda/anak yang sudah mulai beranjak Dewasa desa Tenganan. Pandan yang digunakan merupakan pandan yang sudah diikat sehingga bentuknya menyerupai gada. Pemainnya berpasangan. Peserta perang Pandan menari dan sesekali menyabetkan pandan yang berbentuk gada ke tubuh lawannya. Darah bekas luka sabetan seakan tak dirasa. Luka akibat perang pandan hanya diolesi ramuan yang terbuat dari kunyit. Selesai perang Pandan tidak ada dendam diantara peserta. Akhir dari perang Pandan adalah makan bersama sebagai wujud kebersamaan.

5. Ngaben

Ngaben adalah upacara kremasi atau pemabakaran mayat yang dilaksanakan oleh umat Hindu Bali. Bagi umat Hindu Bali Ngaben sebagai salah satu ritual untuk mensucikan sehingga rohnya cepat mencapai nirwana. Bagi kasta tinggi, upacara ngaben bisa dilakukan secepatnya sejak orang meninggal. Namun bagi yang berkasta rendah biasanya mayat di kubur terlebih dahulu. Baru setelah beberapa waktu Ngaben dilakukan. Upacara Ngaben membutuhkan banyak dana jadi tidak semua orang mampu melakukan upacara ngeben secepatnya. Solusinya dilakukan upacara ngaben masal.

Bagai masyarakat Hindu Bali upacara Ngaben menjadi momen bahagia. Upacara Ngaben menjadi wujud kewajiban sebagai orang tua atau anak yang melaksanankan kewajiban sebagai anggota keluarga. Oleh karena itu upacara Ngaben disambut gembira tanpa isak tangis.

Selain kebudayaan Pulau Bali juga terkenal dengan keindahan alamnya. Berikut beberapa objek wisata alam di Pulau Bali.

  • Alam

* Tanah Lot

Tanah Lot adalah sebuah Pura. Lokasinya berada di Jalan Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan Bali. Lokasinya di bibir pantai sekitar 13 km kearah barat kota Tabanan.

Daya tarik Tanah Lot

Objek wisata Tanah Lot Bali berupa bangunan pura. Yang menarik adalah Pura dibangun di atas bongkahan karang besar. bukan hanya satu tapi 2. Satu di atas batu karang dan satunya lagi di atas tebing yang menjorok ke laut. Kedua pura dihubungkan dengan jalan berupa tebing yang melengkung seperti jembatan. Pura Tanah Lot di pergunakan untuk memuja dewa penjaga laut. Saat pasang air laut Pura kan terlihat seperti di tengah laut. Inilah yang menjadi keunikan dari Tanah Lot

Banyak wisatawan yang memburu sunset di Tanah Lot. Tampilan siluet dari pura Tanah Lot menjadi objek indah untuk menikmati terbenamnya matahari. Inilah keunikan lain dari Tanah Lot Pulau Bali.

* Pantai Sanur

Pantai sanur terletak di bagian timur kota Denpasar. Tepatnya di desa Sanur. Pantai Sanur termasuk pantai yang memilki ombak tenang. Di pantai Ssanur tidak cocok untuk bermain surfing. Pantai Sanur lebih cocok untuk permainan air.  Pantai Sanur menjadi tempat yang cocok menikmati Sunrise. Dengan pasir putih dan terpaan Sunrise waoww. Pantai Sanur disebut juga pantai matahari terbit.

* Pantai Kuta

Pantai Kuta terletak di sebelah selatan pulau Bali. Pantai Kuta sudah sangat terkenal di dunia. Pasir putih dengan ombak besar sangat cocok untuk olah raga surfing. Jika pantai Sanur terkenal dengan Sunrise maka Pantai Kuta terkenal dengan sunsetnya.

* Kintamani

Obej wisata kintamani adalah objek wisata dengan landscape  pegunungan. Lokasinya berada di kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, propinsi Bali. Penduduknya sebagain besar berprofesi sebagai petani.  Hasil pertanian yang terkenal diantaranya adalah jeruk, tomat, kembang kol, salak dan bawang merah. Wisatawan dapat membeli hasil pertanian penduduk setempat. Kintamani juga menjadi destinasi bagi orang yang sedang mencari anjing khas Kintamani. Bertubuh mungil namun berbulu lebat.

Keindahan Kintamani

Suhu udara di Kintamani berkisar 21oC pada siang hari. Sejuk untuk menikmati daerah pegunungan. Dari kawasan wisata Kintamani wisatawan dapat melihat Gunung Batur dan danau Batur. Wisatawan dapat menikmati makan siang sambil melihat indahnya danau Batur dan Gunung Batur.

* Hutan monyet

Hutan monyet terletak di Desa Ubud Bali. Hutan Monyet berupa hutan kecil yang dihuni banyak monyet luasnya sekitar 8 hektar. Tempat ini termasuk tempat yang di sucikan oleh masayarakat setempat. Jadi jika berkunjung ke hutan Monyet singkirkan niat buruk anda. Jangan membawa makanan ke hutan ini atau monyet akan mngeroyok anda. Wisatawan juga dilarang mengganggu monyet yang ada di sana. Monyet bisa bertindak agresif jika di ganggu.

* Danau Batur

Danau batur terletak di kaki Gunung Batur. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kintamani. Banyak wisatawan menikmati keindahan danau Batur dari restoran yang ada di desa Penelokan. Ada juga wisatawan yang menikmati danau Batur dengan mengelilinginy dengan perahu. Ada yang menyebut danau Batur sebagai kaldera terindah di dunia.

* Kuburan wangi Trunyan

Di desa Trunyan, kabupaten Bangli terdapat pemakaman yang berbau wangi. Padahal mayat di pemakaman tersebut tidak di kubur. Jenazah disana hanya di letakan di atas tanah dan hanya di tutup Ancak Saji yang terbuat dari daun. Namun disana tidak tercium sedikitpun bau bangkai mayat. Adalah Pohon Taru Menyan dibalik bau wangi pemakaman Trunyan. Pohon besar di tengah pemakaman desa Trunyan. Pohon Taru Menyan yang mengeluarkan aroma semerbak wangi dan menghilangkan bau bangkai mayat. Untuk mencapai Kuburan Trunyan bisa dengan perahu dari dermaga Kedisan disalah satu sisi Danau Batur.

  • Kuliner

Setelah menikmati budaya dan dan keindahan alam bali maka saatnya kita menikmati kuliner di bali. Kuliner yang terkenal di bali adalah ayam dan bebek betutu.  Ayam Betutu dan Bebek Betutu adalah salah satu kuliner terkenal di Bali.

Ayam atau bebek betutu di masak dengan cara dipanggang di atas bara api sekam selama 24 jam. Bumbunya diramu dari rempah alami yang segar dan di masukan kedalam perut ayam/bebek. Pemanggangannya dengan dibungkus daun pisang sehingga menghasilkan ayam/ bebek Betutu yang gurih, lembut dan pedas. Ya.. ayam atau bebek Betutu bercita rasa pedas.

Objek wisata yang kami sebutkan di atas hanya sebagian kecil dari destinasi wisata yang ada di pulau bali. Masih banyak tempat wisata menarik lainnya yang belum kami sebutkan. Silahkan berkunjung ke Pulau Bali dan nikmati keindahan wisata, budaya dan kulinernya.

Bagaimana pergi ke pulau Bali ?

Bagi wisatawan Indonesia bisa pergi ke Pulau Bali melalui jalan darat atau udara. Untuk jalan darat harus menyeberang di pelabuhan Ketapang Banyuwangi dan mendarat di pelabuhan Gilimanuk Bali. Jika wisatawan menggunakan transportasi udara maka bisa turun di bandar udara Ngurah Rai Bali.

Semua tujuan wisata di pulau bali sudah tersedia fasilitas lengkap. Transportasi mudah, hotel banyak, dan restoran melimpah. Itulah pulau Bali si pulau Dewata dengan segala keindahan alam, budaya dan kulinernya. Ingat ya… Pulau Bali adalah bagian dari Indonesia. Jadi tidak benar kalau Pulau Bali dan Indonesia terpisah/atau berbeda.

read : Borobudur