Candi Borobudur Indonesia

Candi Borobudur Indonesia

Posted on

Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha terbesar di dunia (Largest Budhist tample). Bentuk bangunannya berupa monumen candi terbuat dari batu. Lokasinya terletak di Magelang, Jawa Tengah Indonesia. Candi Buddha terbesar di dunia dibangun pada abad 8 – 9 masehi. Pembangunannya dilakukan pada zaman pemerintahan dinasti Syailendra dari tahun 770 masehi sampai dengan tahun 825 masehi. Borobudur tample memiliki  luas dasar 123 m X 123 m persegi. Tinggi asli adalah 42 meter, namun sekarang hanya 35 meter.

Candi Borobudur disebut juga Monumen Buddha terbesar di dunia. Monumen ini memiliki 6 teras dengan bentuk bujur sangkar. Pada dinding candi dihiasi dengan 2.672 panel relief. Monumen Buddha terbesar di dunia memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Di Candi Borobudur juga memiliki 504 arca Buddha. Puncaknya berupa stupa yang dikelilingi oleh 3 barisan melingkar 72 stupa yang di masing masing stupa terdapat arca Buddha. Candi Borobudur Indonesia

Sebagai bangunan yang berumur, Candi terbesar di dunia ini sudah mengalami berbagai rangkaian pemugaran. Dunia mulai menyadari adanya Candi Borobudur sejak ditemukan oleh gubernur jendral Inggris di Jawa saat itu dijabat oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814. Proyek pemugaran terbesar terjadi pada tahun 1975-1982 atas upaya Pemerintah Republik Indonesia dan Unesco. Dan akhirnya candi tersebut menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Secara geografis candi Borobudur terletak di kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kurang lebih 100 km arah barat daya Semarang, 86 km arah barat dari Solo dan 40 km arah barat laut dari Yogyakarta. Jika dilihat dari garis lintang dan garis bujur, Candi Buddha Borobudur terletak pada koordinat 7,608o Lintang Selatan  (LS)dan 110,204o Bujur Timur (BT).

Cara berkunjung ke candi Borobudur

Selain sebagai tempat kegiatan umat Buddha pada hari perayaan tertentu, Candi borobudur juga sebagai tempat wisata. Wisatawan lokal maupun asing dapat mengunjungi candi Borobudur.

Rute paling dekat ke Borobudur adalah melalui Yogyakarta. Jadi bagi wisatawan asing maupun lokal yang mau ke sana maka tujuan pertama bisa ke Yogyakarta.

  1. Dari Yogyakarta dilanjutkan menuju terminal bus Jombor.
  2. Dari terminal Jombor naik bus ¾ (micro bus) tujuan terminal Borobudur (kaca depan bus ada tulisan “Jombor – Borobudur”). Tarif bus untuk wisatawan lokal berkisar Rp 10.000* – Rp 12.000*. untuk wisatawan asing sekitar Rp 20.000*.
  3. Waktu tempuh Jombor – Borobudur sekitar 45 menit, melalui rute Jombor-Mlati-Muntilan-Borobudur
  4. Sampai di terminal Bus Borobudur bisa di lanjutkan dengan berjalan kaki, naik andong atau naik becak ke Candi Borobudur.
  5. Candi Borobudur dibuka mulai jam 06:00 sampai jam 17:00 waktu Indonesia bagian barat.
  6. Tiket masuk candi Borobudur untuk wisatawan lokal Rp 30.000* sedangkan untuk wisatawan asing $20*
  7. Jika mau kebali ke Yogyakarta bisa naik bus yang sama Jurusan Jombor-Borobudur. Tetapi perlu dicatat, bus jurusan Borobudur-Jombor hanya tersedia sampai jam 15:00 waktu Indonesia Bagian barat.
  8. Jika sudah tidak ada bus saat akan kembali ke Yogyakarta maka harus naik angkutan kota ke terminal bus Magelang. Dari terminal bus Magelang dilanjutkan perjalanan ke Yogyakarta dengan naik bus.

*tarif angkutan mungkin sudah berubah

Kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dengan warisan leluhur candi Borobudur yang sudah menjadi salah satu 7 keajaiban dunia.

Referensi : wikipedia