Wisata Candi Prambanan Candi Hindu Terbesar Indonesia

Wisata Candi Prambanan Candi Hindu Terbesar Indonesia

Diposting pada

VstIndonesia.com – Wisata Candi Prambanan (Prambanan Temple) menjadi salah satu objek wisata sejarah di Yogyakarta. Candi Prambanan menjadi candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan disebut juga candi Roro Jonggrang. Candi Prambanan memiliki nama asli Siwagrha (rumah Siwa). Candi (Siwa) Prambanan dibangun pada abad ke-9 masehi.

Sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan termasuk dalam warisan dunia yang tercatat di UNESCO. Candi Prambanan juga menjadi candi terindah di ASIA Tenggara.

Wisata Candi Prambanan

Bangunan candi Prambanan berbentuk tinggi dan ramping seperti halnya arsitektur candi Hindu pada umumnya. Candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian 47 meter.

Gerbang utama candi Prambanan berada di bagian timur. Di ruang utama candi terdapat patung Siwa dengan tinggi 3 meter.

Wisata Candi Prambanan merupakan sebuah kompleks candi. Jadi bukan hanya satu candi yanga ada di kompleks candi Prambanan melainkan ada 240 candi. 240 Candi yang ada terbagi dalam 6 bagian yaitu :

  • 3 Candi Trimurti (candi Siwa, Wisnu & Brahma)
  • 3 Candi Wahana (candi Nandi, Garuda & Angsa)
  • 2 Candi Apit (terletak antara barisan Candi Trumurti dan Candi Wahan)
  • 4 Candi Kelir (terletak di 4 penjuru mata angin dalam zona inti)
  • 4 Candi Patok (terletak di 4 sudut halaman dalam atau zona inti)

224 Candi Perwara ( tersusun dam 4 barisan konsentris dengan jumlah candi dari barisan dalam keluar berjumlah 44, 52, 60 dan 68)

Candi Prambanan

Lokasi Candi Prambanan

Kompleks candi prambanan terletak di desa kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta dan Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa tengah.

Secara geografis Candi Prambanan terletak di perbatasan Jawa Tengah dengan Yogyakarta. Candinya sendiri terletak  di Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY sedangkan pintu masuknya ada di desa Tlogo, Prambanan, Klaten, Jateng.

Kompleks candi Prambanan berjarak 12 Km arah timur laut Yogyakarta, 50 Km arah barat daya Surakarta dan 120 km arah selatan Semarang.

Sejarah Candi Prambanan

Nama Prambanan sendiri berasal dari nama desa dimana candi tersebut berdiri. Prambanan diduga sebagai perubahan nama dari dialek bahasa Jawa dari istilah teolgi Hindu Para Brahman yang bermakna Brahman Agung yaitu Brahman.

Pada masa jayanya Candi Prambanan dipenuhi oleh para Brahmana. Pendapat lain, Prambanan berasal dari asal kata Mban (Gendong di depan) yang memiliki makna memikul tugas.

Hal tersebut merujuk pada Dewa Hindu yang mengemban tugas menata dan menjalankan keselarasan jagat.

Nama lain dari Prambanan juga berarti 5 gunung. Hal tersebut berdasarkan asal kata dari bahasa Khmer (Kamboja).

Pram yang berarti 5 dan Banam yang berati Gunung. Hal tersebut merujuk pada 5 puncak gunung Himalaya yang ada di India.

Candi Prambanan dibangun pertama kali sekitar tahun 850 Masehi atau abad ke-9 masehi oleh Rakai Pikatan untuk menyaingi Candi Budha terbesar di Dunia yaitu Borobudur.

Pembangunan dilakukan  untuk menandai kembali berkuasanya keluarga Sanjaya atas tanah jawa.

Pembangunannya dilakukan secara berkelanjutan, disempurnakan dan diperluas oleh raja Lokapala dan raja Balitung Maha Sambu.

Pembangunan terus di sempurnakan oleh raja – raja Medang Mataram seperti Daksa dan Tulodong dengan diperluas berupa pembangunan ratusan candi tambahan.

Tahun 930-an, Candi Prambanan mulai rusak akibat tidak terawat, terkena bencana dan lainnya. Bangunan Candi diduga benar-benar runtuh akiibat gempa pada abad 16.

Penduduk lokal mengetahui keberadaan candi Prambanan namun tidak mengetahu latar belakang sesungguhnya pembangunan candi tersebut. saat itulah beredar cerita dongeng Roro Jongrang.

Candi Hindu Tterbesar di Indonesia

Tahun 1973 candi ditemukan lagi oleh CA. Lons surveyor bawahan Sir Thomas Stanford Raffles. Tahun 1855 Jan Willem IJzerman mulai membersihkan dan memindahkan dan Isaac Groneman mulai pembongkaran besar besaran.

1902-1903 Theodoor van Erp mulai memelihara bagian yang rawan runtuh. 1918-1926 dilanjutkan oleh jawatan purbakala dibawah pimpinan P.J. Perquin secara sistematis dan sesuai kaidah arkeologi.

1926 dilanjutkan oleh De Haan hingga 1930. 1931 diganti oleh Ir. V.R. van Romondt hingga 1942. Kemudain diserahkan kepada putra Indonesia hingga 1993. Upaya restorasi pun terus dilanjutkan hingga kini.

Candi utama yaitu candi Siwa selesai dipugar tahun 1953 dan diresmikan olej Ir. Soekarno. Kini Candi Prambanan menjadi situs warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Status sebagai situs warisan dunia di berikan UNESCO pada tahun 1991.

Objek Wisata Candi Prambanan

Di Candi Prambanan Anda bisa menikmati pemandangan indahnya batu-batu yang disusun secara rapi dan membentuk bangunan yang selaras, serasi dan memiliki unsur seni yang tginggia.

Selain itu Anda juga bisa menikmasti relief-relief yang menceritakan Ramayana dan Krishnayana.

Anda juga bisa menikmati arca-arca atu patung yang  menggambarkan Dewata dan brahmana dalam agama Hindu.

Di dalam kompleks taman purbakala Candi Prambanan juga ada kompleks museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah purbakala.

Letaknya di sisi utara Candi Prambanan yaitu antara Candi Prambanan dengan candi Lumbung.

Baca : Wisata Taman Laut Bunaken di Manado

Disekeliling Candi Prambanan juga di kelilingi oleh candi-candi lainnya seperti candi Lumbung, candi Sewu dan candi Bubrah di Utara, candi Plaosan di sebelah timur, candi kalasan dan candi sari di sebelah barat dan candi Sojiwan di sebelah Selatan.

Dengan banyaknya candi disekitaran Prambanan maka dulunya Candi prambanan merupakan tempat peting baik dari segi agam politik, ekonomi maupun budaya.

Cara Pergi Ke Prambanan

Cara pergi ke Candi Prambanan cukup mudah. Bagi yang berasal dari luar kota atau luar pulau bahkan luar negeri bisa naik pesawat dan turun di bandar udara di Yogyakarta maupun di Solo.

Sedangkan yang dari satu pulau atau propinsi bisa naik angkutan umum ataupun pribadi.

Dari bandara di Yogyakarta  bisa menggunakan angkutan umum bus maupun taksi langsung ke Prambanan. Jika dari Solo bisa ke Yogyakarta terlebih dahulu baru ke prambanan.

Dari Yogyakarta Anda juga bisa naik transjogja atau taksi langsung ke Prambanan. Atau jika Anda dari Malioboro bisa naik transjogja no 1A. ada juga bus umum dari terminal umbul harjo langsung ke Prambanan.

Tiket Masuk Ke Candi Prambanan

Harga tiket masuk ke komplek candi Pramabanan ternyata berbeda Antara pengunjung lokal dan pengunjung dari luar negeri.

Untuk wisatawan lokal tiketnya Rp 30 ribu. Sedangkan untuk wisatawan Asing tiketnya Rp 185 ribu (umum) dan Rp 85 ribu (pelajar).

Itulah sekilas info wisata candi Prambanan ssebagai salah satu warisan dunia dan menjadi candi Hindu terbesar di Indonesia.

Baca juga : Candi Borobudur Indonesia, Candi Buddha Terbesar di Dunia

sumber : wikipedia