Wisata Kuliner Hits Siang Malam Di Semarang
Alun alun semarang (gambar : semarangkota.go.id)

Wisata Kuliner Semarang Hits Siang Malam

Diposting pada

Vstindonesia.com – Rekomendasi wisata kuliner hits di Semarang yang tersedia siang dan malam. Semarang menjadi salah satu kota besar di Indonesia yang terkenal dengan kulinernya. Bukan hanya siang namun malam juga rame dengan kuliner yang ada.

Sebagai ibukota Jawa Tengah, Semarang mudah di jangkau baik dari arah barat, timur maupun selatan. Selain terkenal dengan Simpang Limanya, Semarang juga terkenal dengan makanan yang dijualnya.

Bahkan diantara kuliner Semarang yang ada sudah ada sejak lama dan menjadi ikon tersendiri di Kota Semarang. Penasaran kuliner apa saja yang bisa Anda rasakan di Semarang, berikut Vstindonesia rangkumkan beberapa kuliner Semarang yang hits siang malam.

Lumpia Gang Lombok

Kuliner semarang Lumpia gang lombok
sember gambar : instagram.com/eattemptationsby/

Kuliner tradisional khas Semarang ini tentu menjadi daftar paling atas yang bisa Anda cicipi. Lumpia dan Kota Semarang bagaikan sepasang kekasih yang mau nikah, bahkan Semarang dapat julukan Kota Lumpia.

Lumpia Gang Lombok salah satunya. Termasuk yang tertua dan masih eksis jualan lumpia di Semarang. Di tempat tersebut, lumpia ada 2 jenis, yaitu lumpia basah dan lumpia goreng.

Isian Lumpia sendiri terdiri dari Rebung (anakan bambu) dan saus petis sehingga membuat rasa khas Semarang makin lekat. Mengikuti perkembangan zaman isi lumpia kini semakin beragam, seperti udang, ayam dan lainnya. Demikian juga dengan penyajiannya yang makin kekinian.

Lumpia menjadi salah satu oleh oleh dari semarang yang musti Anda beli. Lumpia basah biasanya memasaknya dengan cara mengkukusnya sedangkan lumpia kering cara masaknya dengan menggoreng di minyak panas.

Jenis Lumpia kering lebih tahan lama hingga 3 hari sedangkan lumpia basah hanya mampu bertahan satu hari saja. Lumpia yang bagus tidak menggunakan zat pengawet dan cara memmbuatnya masih tradisional.

Bagi yang ingin membawa oleh-oleh Lumpia agar lebih awet bisa minta digoreang setngah matang.

Salah satu Lumpia yang terkenal di Semarang adalah Loenpia Gang Lombok yang berlokasi di jalan Gang Lombok nomor 11, purwodinatan, Semarang Tengah.

Bandeng Presto

Kuliner Semarang bandeng presto
sumber gambar : instagram.com/bandengjuwana/

Bandeng presto juga salaha satu makanan khas Semarang yang paling sering diburu sebagai oleh-oleh. Bagi Anda yang ingin simpel tanpa repot maka bisa menikmatinya tanpa harus bawa ke rumah.

Adalah Resto Bandeng Juwana Elrina di Jalan Pandanaran nomor 57 Semarang. Olahan bandeng di resto tersebut diklaim terasa lebih nikmat serta empuk.

Jangan heran jika Anda ke Resto Bandeng Juwana Elrina selalu banyak pengunjung. Beberapa pilihan menu yang tersedia antara lain : sate, tongseng, nasi bakar, bakso dan lmenu lainnya yang terbuat dari Bandeng.

Soto Bangkong

Kuliner Hits semarang
sumber gambar : instagram.com/sotobangkong/

Kuliner Soto Bangkong merupakan soto ayam kampung khas Semarang yang beralamat di Jl. Brigjen Katamso nomor 1, Karang tempel, Kecamatan Semarang Selatan,Kota Semarang Jawa Tengah.

Nama warung makan ini terinpirasi dari perempatan jalan tempat warung soto ini berada. Nama Bangkong sendiri bermula dari lokasi warung ing yang berada dekat perematan yang dulunya banyak kodoknya (bangkong, dalam bahasa jawa).

Rasa soto Bangkong termasuk khas dan otentik dengan bumbu kecap yang hanya diproduksi oleh si pemilik warung. Penggunaan ayam kampung oleh pemilik mampu membuat soto Bangkong semakin terasa gurih dan enak.

Soto Bangkong memiliki kuah bening bukan kuah santan dengan isian soto berupa mi soun, toge, tomat, dan irisan daging sapi lembut.

Dengan pengelolaan yang benar kini warung tersebut sudah membuka cabang di daerah Jakarta. Lokasi Soto Bangkong di Jakarta berada di kawasan Pakubuwono dan Kelapa Gading.

Es Puter Cong Lik

Berada di Jl Kh Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah Anda dapat mrnikmati seporsi es puter Cong Lik.

Tersedia pilihan rasa coklat, alpukat, durian, hingga kelapa dan pada bulan puasa varian rasa bertambah mulai dari nangka, sirsak, kacang hijau, blewah hingga leci.

Nama Cong Lik kabarnya julukan untuk si penjualnya dari para pelanggannya, Cong Lik, Kacung Cilik (pembantu kecil).

Es puter Cong Lik atau es dung dung,terbuat dari bahan santan sebagai pengganti susu. Salah satu kuliner legendaris di Semarang ini bertekstur agak kasar dengan rasa perpaduan manis dan asin.

Nasi Kucing Pak Gik

Suka kuliner malam? Anda harus coba salah satu Tempat nongkrong di Semarang yang selalu ramai pengunjung dan sering habis sebelum waktunya tutup. Namanya Nasi Kucing Pak Gik yang disebut-sebut sebagai ikon angkringan milik Semarang.

Untuk datang ke Angkringan Pak Gik Anda harus siap ngantuk atau tidur lebih awal baru datang kesana sebab Angkrinag pak Gik baru buka jam 24:00 sampai pagi hari.

Anda bisa menikmati nasi kucing sambil menikmati Semarang di tengah malam. Lokasinya mudah dijangkau, yaitu sekitar 20 meter dari Jalan Gajah Mada, tepatnya di Jalan Wotgandul.

Menu yang disajikan Nasi Kucing Pak Gik yang telah berdiri lebih dari 50 tahun ini berupa nasi gurih atau ketan kering dengan lauk kering tempe, babat, telur, tahu, telur, dan masih banyak lagi. Nasi Kucing Pak Gik juga menyediakan menu pendamping seperti pia pia, pangsit, tahu petis, dan sate bakso

Tersedia juga gorengan dan pilihan minuman yang beragam. Harganya murah meriah yaitu Rp5.000 saja, tertarik?

Bebek Goreng Pak Thori

Kuliner siang malam semarang
sumber gambar :instagram.com/kuliner_jlebbanget/

Kulineran Semarang memang beragam, Anda yang suka bebek bisa mencoba bebek goreng Pak Thori sangat terkenal akan kelezatannya. Selain bebek goreng, warung ini juga menyediakan bebek bakar, ayam bakar/goreng, burung dara, lele, gongso babat hingga nasi goreng.

Harga yang ditawarkan pun cukup bersahabat, mulai dari Rp24.000 Anda bisa mendapatkan seporsi bebek, dua macam sambal, nasi, dan lalapan. Dua macam sambal tersebut yaitu sambal hijau dengan tingkat pedas dan sambal merah. Uuntuk lalapannya terdiri dari daun kemangi, kol, dan mentimun iris.

Bebek Pak Thori terkenal lembut dan empuk namun tidak membuat dagingnya hancur serta bumbunya terasa hingga ke dalam. tidak heran jika warung yang berlokasi di Jalan Manyaran Gunungpati Km.15 Semarang, selalu ramai dikunjungi.

Demikian rekomendasi wisata kuliner di Semarang yang bisa Anda coba siang dan malam hari. Rasakan sensasinya.

Info menarik lainnya