6 Tempat Wisata Belanja Di Solo Harga Murah
Salah satu ikon wisata belanja Kota Solo, Pasar Klewer

6 Tempat Wisata Belanja Di Solo Harga Murah

Diposting pada

VstIndonesia.com – Tempat Wisata Belanja di Solo bisa menjadi salah satu tujuan saat Anda berkunjung di kota kelahiran presiden Jokowi.

Kota yang berpenduduk sekitar 500 ribu jiwa ini dikenal sebagai pusat budaya Jawa dan menjadi salah satu pusat politik dan perkembangan tradisi Jawa.

Kejayaan kota Solo berlangsung sejak abad ke-19 dengan berkembangnya literatur sastra Jawa, fashion, arsitektur, kuliner dan berbagai budaya lainnya.

Lokasi Kota Solo

Kota Solo berlokasi di propinsi Jawa Tengah. Dari Bali atau Jakarta Anda bisa menempuhnya selama 1 jam menggunakan pesawat terbang. Dari Kualalumpur bisa ditempuh selama 2 jam dan dari Singapore bisa ditempuh selama 1 jam.

Anda juga bisa mengakses Kota Solo dari Yogyakarta selama 1 jam perjalanan menggunakan kereta api. Atau jika dari Jakarta Anda bisa naik kereta ke Solo selama 8 jam.

Tempat Wisata Belanja Di Solo

Solo sebagai salah satu kota budaya juga menyajikan wisata belanja yang bisa Anda kunjungi. Semua orang pasti senang belanja apalagi saat berwisata. Anda bisa membeli oleh – oleh sekaligus berwisata belanja.

Ada 6 sestinasi wisata belanja di Kota Solo yang bisa VstIndonesia berikan. Di sana Anda bisa belanja pakain, batik dan sebagainya. Penasaran? berikut Wisata belanja di Solo.

Wisata Belanja Pasar Gedhe Harjonagoro Solo

Wisata Belanja Pasar Gede
Pasar Gedhe

Inilah pasar yang cukup terkenal di Kota Solo. Lokasinya yang berada di tengah kota Solo memberikan akses akomodsai yang mudah.

Lokasi Pasar Gedhe Harjonagoro dekat dengan kampung China yang dikenal dengan daerah Balong dan Wihara Avalokitesvara.

Sejarah singkat Pasar Gedhe Harjonagoro

Memiliki nama Gedhe karena memiliki atap yang besar. Pasar Gedhe Harjonagoro dibangun oleh arsitek terkenal asal Belanda yang bernama Thomas Karsten.

Gaya arsitektur bangunan pasar tradisional Gedhe Harjonagoro merupakan hasil campuran gaya arsitektur Belanda dan Jawa.

Pasar Gedhe Harjonagoro memiliki 2 bangun yang terpisahkan oleh jalan Soedirman. Walaupun sudah pernah di renovasi gaya arsitektur asli Pasar Gedhe tetap dipertahankan

Dengan keunikan arsitektur yang ada maka pasar Gedhe dijadikan salah satu cagar budaya di Surakarta setelah pasar Klewer.

Belanja di Pasar Gedhe

Di pasar Gedhe Anda akan menemukan sayur-mayur dan buah-buahan. Yang paling menarik Anda bisa membeli jajanan pasar khas Solo Seperti risol, pastel, lumpia, cabuk rambak, klepon, grontol, es dawet telasih dan jamu.

Event yang bisa Anda ikuti di pasar Gedhe adalah Grebeg Sudiroprajan untuk memperingati tahun baru Cina.

Itulah pasar Gedhe Harjonagoro selain sebagai tujuan wisata belanja di Solo ternyata juga unik dari segi bangunannya dan juga jajanan pasarnya. Anda bisa menikmati indahnya bangunan pasar Gedhe sekaligun menyicipi jajan pasar di sana.

Wisata Belanja Pasar Klewer Solo

Wisata Belanja Pasar Klewer
Pasar Klewer Solo

Destinasi wisata belanja di Solo selanjutnya adalah Pasar Klewer. Pasar Klewer adalah pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah.

Lokasi pasar Klewer terletak di samping Keraton Surakarta Hadiningrat. Pasar Klewer dikenal juga dengan pasar Slompretan (Slompret adalah terompet penanda kereta api berangkat pada jaman Jepang)

Sejarah Singkat Pasar Klewer

Jaman penjajahan Jepang pasar Klewer menjadi tempat permberhentian kereta api sekaligus menjadi tempat jualan pedagang pribumi.

Pasar Slompretan menjadi tempat pedagang kecil menjual barang dagangan yang berupa kain batik. Pedagang membawa kain batik dengan meletakannya di pundak sehingga kainnya terlihat berkleweran (tidak beraturan).

Dari kain batik yang berkleweran tersebut pasar Slompretan akhirnya lebih dikenal dengan Pasar Klewer.

Pasar Klewer berkembang sejak 1942-1945 dan terus berkembang pada tahun 1968. 1970 Pasar Klewer mulai dibangun secara permanen untuk menampung pedangan. Pasar klewer diresmikan oleh Presiden Soeharto

Sekarang pasar Klewer sudah dipercantik dan masih menjadi tujuan belanja ribuan orang. Hampir ada 3000 pedagang baik yang memiliki kios maupun yang tidak punya kios.

Untuk fasilitas pasar sudah dilengkapi dengan eskalator dan lift. Bangunan baru juga terlihat rapi sehingga lebih leluasa berbelanja. Fasilitas lainnya tersedia lahan parkir yang luas.

Belanja di Pasar Klewer

Wisata belanja di pasar Klewer Anda bisa membeli batik dan tekstil yang tersedia dengan mutu yang dapat diandalkan.

Selain itu tersedia juga seragam, jaket, kaos, daster dan berbagai busana lain.

Untuk mendapatkan harga murah Anda jangan malu – malu untuk menawar. Bahkan Ada bisa mendapatkan setengah harga jika membeli dalam jumlah banyak.

Wisata Belanja Pasar Antik Triwindu Solo

Wisata Belanja Pasar triwindu
Pasar Triwindu Solo

Wisata ke kota Solo kurang lengkap rasanya tanpa datang ke Pasar Triwindu. Pasar Triwindu adalah pasar barang-barang antik di kota Solo.

Pasar Triwindu berlokasi di jalan Diponegoro Solo. Barang – barang antik yang bisa Anda beli berupa : patung, radio, uang kuno, senjata kuno, peralatan rumah tangga, wayang, jam dinding dan lain sebagainya.

Sejarah Singkat Pasar Triwindu

Pasar Triwindu dibangun pada tahun 1939 untuk memperingati 24 tahun pemerintahan Mangkunegaran VII. Kemudian di renovasi pada jaman pemerintahan walikota Jokowi.

Sekarang sudah lebih rapi dan tertata tidak lagi sumpek dan terawat.

Bila Anda mengunjungi pasar Triwindu Anda akan merasa seperti masuk jaman dahulu. Anda akan melihat berbagai barang tradisional seperti cangkir, telepon tua, mesin ketik, radio dan lain sebagainya.

Anda sedang mencari barang kuno? Pasar Triwindu Solo bisa jadi lahan buruan Anda.

Wisata Belanja Pasar Malam Ngarsopuro Solo

wisata Belanja Pasar malam Ngarsopuro
Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar malam Ngarsopuro atau Ngarsopuro Night Market merupakan pasar dadakan yang hanya buka malam minggu dari jam 18:00-22:00 WIBB.

Lokasi pasar malam Ngarsopuro ada di jalan Diponegoro, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah 57131.

Pasar malam Ngarsopuro bisa menjadi alternatif wisata belanja di Solo pada malam hari.

Sejarah Singkat Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar malam Ngarsopuro dimulai pada tanggal 16 Februari 2009 pada masa walikota Joko Widodo. Buka pada setiap Sabtu malam yang dipenuhi oleh puluhan pedagang kaki lima.

Yang dijual di pasar malam Ngarsopuro mulai dari kerajinan tangan hingga kuliner. Penjual umumnya adalah penggiat usaha mikro kecil dan menengah di kota Solo.

Belanja di Pasar Malam Ngarsopuro

Berlokasi di pusat kota Solo Anda bisa berburu aneka batik, fashion, mainan anak, souvenir khas Solo dan kuliner tradisional.

Anda bisa melakukan tawar menawar dengan pedagang di sana. Harga kemeja batik pria misalnya bisa Anda tebus hanya dengan Rp 25.000 saja atau daster dengan harga Rp 22.000.

Untuk kuliner Anda bisa menyicipi Sate Kere, Sate Ayam, Soto, Angkringan dan Zupasoup. Semua kuliner bisa dinikmati sambil lesehan di trotoar beralas tikar.

Untuk hiburan jika Anda beruntung bisa menikmati musik keroncong, Jazz dan akustik pada hari – hari tertentu.

Wisata Belanja Kampung Batik Kauman Solo

Wisata Belanja kampung batik kauman
Kampung Batik Kauman solo

Wisata belanja di Solo yang tak kalah kerennya adalah kampung Batik Kauman. Anda bisa membeli batik berkualits di tempat ini.

Kampung batik Kauman berlokasi di jalan utama Slamet Riyadi dan jalan Rajiman. Menuju ke Kampung Batik Kauman bisa ditempuh dengan naik bus Batik Solo Trans (BST) dari stasiun Solo Balapan.

Sejarah Singkat Kampung Batik Kauman

Berdasarkan sejarah, Kampung Batik Kauman dulunya merupakan tempat tinggal para abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta.

Tradisi membatik menjadi tradisi di kampung ini. Di Kampung Batik Kauman motif batik yang khas adalah motif batik yang dikenakan oleh Keraton Kasunanan.

Pembuatannya ada model batik tulis, batik cap dan kombinasi cap & tulis. Ada lebih dari 30 perajin batik di Kampung Batik Kauman.

Belanja di Kampung Batik Kauman

Anda bisa beriteraksi dan bertransaksi langsung dengan mengunjungi rumah produksi. Anda juga bisa melihat proses produksinya serta ikut belajar membuat batik.

Untuk dapat menikmati kampung Batik Kauman dengan puas, Anda bisa berjalan kaki atau naik becak.

Selain melihat proses mbatik dan bertransaksi langsung di rumah produksi, sambil berkeliling Anda bisa menikmati pemandangan bangunan dengan arsitektur Belanda-Jawa, rumah Joglo dan Limasan.

Wisata Belanja Kampung Batik Laweyan Solo

Wisata Belanja Kampung Batik Laweyan
Kampung Batik Laweyan Solo

Kampung batik Laweyan menjadi pusat batik tertua kedua setelah Kauman. Laweyan juga tidak kalah terkenal dibanding dengan Kauman.

Berlokasi di JL. Dr Rajiman, Kecamatan Laweyan, kampung dengan luas wilayah 24,83 hektar dihuni sekitar 2500 penduduk. Sebagaian besar penduduknya berprofesi sebagai pedagang dan pembatik.

Sejarah Singkat Kampung Batik Laweyan

Laweyan sudah terkenal sebagai ikon batik di Solo sejak abad ke-19 jamannya Serikat Dagang Islam 1912. Hingga saat ini sudah ada 250 motif batik khas dari kampung batik Laweyan dan semuanya sudah dipatenkan.

Dibanding dengan batik Kauman warna batik Laweyan lebih terang. Dari segi arsitektur kampung Laweyan juga memiliki daya tarik tersendiri.

Dinding sempit dengan karakter khas kampung batik memiliki arsitektur Jawa, Eropa, Cina dan Islam. Bangunan khas dikampung laweyan yang dimiliki para saudagar batik Laweyan pada masanya disebut dengan Gal Gendhu.

Belanja di Kampung Batik Laweyan

Selain berbelanja batik, Anda juga bisa mengikuti paket wisata workshop membuat batik. Anda bisa kursus singkat membuat batik dalam 2 jam dan membawa hasilnya ke rumah.

Anda juga bisa belajar membatik secara intensif membuat batik secara cap maupun tulis.

Anda juga bisa menikmati kuliner tradisional seperti Kue Ledre, Apem dan makanan khas Solo lainnya. Anda juga bisa menikmati Wedangan Rumah Nenek dengan bangunan berkonsep Joglo dari jam 10:00-24:00 WIBB.

Dari 6 lokasi wisata belanja di Solo, semuanya memberikan pengalaman yang bakal mengasyikan. Menikmati arsitektur Belanda dengan segala kearifan lokalnya.

Mau berangkat ke salah satu tempat wisata belanja di kota Solo? Persiapkan dengan baik ya…

Baca juga : 7 Tempat Wisata Baturraden Banyumas Keren

Sumber gambar : https://pariwisatasolo.surakarta.go.id/